Beranda Otomotif Bagian-bagian Motor yang Harus Dicek Kembali Usai Dipakai Liburan

Bagian-bagian Motor yang Harus Dicek Kembali Usai Dipakai Liburan

65
0
Bagian-bagian Motor yang Harus Dicek Kembali Usai Dipakai Liburan
Bagian-bagian Motor yang Harus Dicek Kembali Usai Dipakai Liburan

Saat liburan Natal dan tahun baru lalu tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkannya untuk berpergian ke luar kota, baik yang menggunakan angkutan umum, hingga kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Layaknya hari raya Idul Fitri, momen akhir tahun dimanfaatkan untuk mudik atau berjalan-jalan keluar kota. Tidak jarang kinerja motor ‘disiksaā€¯ lebih oleh pemilik mulai perihal jarak tempuh maupun beban bawaaan.

Mengecek Kembali
Beragam alasan jadi jawaban masyarakat tetap memilih sepeda motor Honda untuk jadi teman perjalanan mulai dari efisiensi hingga sensasi berbeda berkendara diatas roda dua yang penuh pengalaman seru.

READ  Selain Motor-Mobil Listrik, Bus Listrik Juga Dapat Insentif

Wahyu Budhi, instruktur teknik Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menyarankan pengguna bikers untuk kembali melakukan servis kembali setelah motor dipakai dalam perjalanan jauh

“Paling mendasar adalah mengecek dan mengganti beragam cairan di motor, mulai dari oli mesin, oli gear untuk matic, cairan coolant, minyak rem dan lainnya. Cairan ini terutama oli adalah mineral penting untuk dikontrol,” ujarnya.

Ganti Oli Mesin dan Gear
Seperti diketahui kondisi normal pemakaian oli rata-rata 2.500 km untuk sekali penggantian, meski banyak oli yang mengklaim dapat bertahan lebih dari jarak tersebut, kondisi pemakaian dan kondisi mesin mewajibkan unsur ini lebih sering dikontrol.

READ  Bisa Buat Keluarga dan Usaha, Segini Harga Daihatsu Sigra Bekas

Untuk tipe matic, selain mesin, bagian transmisi juga memerlukan pelumas. Sebaiknya diganti usai pemakaian liburan akhir tahun.

Wahyu beberkan beberapa bagian motor yang perlu dilakukan cek, kontrol atau penggantian. Misalnya mengganti oli mesin dan oli gear untuk motor matic.

Kontrol
Untuk tipe motor sport dan bebek dianjurkan melakukan pelumasan dan pengecekan ketegangan rantai. Cek lagi shockbreaker untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran demi kenyamanan. Ganti kampas rem jika sudah menipis.

Selain melihat kembali alur kembang dan tekanan angin ban, kondisi lampu juga harus diperiksa. Periksa juga bagian setang khususnya kestabilan komstir setelah melibas beragam jenis jalan.

READ  Cara Mengendarai Motor Melewati Genangan Air, Biar Enggak Jatuh

Selanjutnya cek bagian bodi secara keseluruhan untuk mengetahui lecet selama perjalanan jauh serta mengecek bagian CVT untuk tipe matic, serta kanvas kampas kopling untuk tipe cub dan sport yang bisa dirasakan saat berakselerasi.