Bukan Hanya Harga, Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Mobil Second

Punya mobil menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan menjadi idaman buat banyak orang, namun memilih mobil perlu dipertimbangkan dengan matang. Untuk memiliki mobil baru biayanya tidaklah murah, namun disaat seperti ini mobil second cukup membantu karena memiliki harga yang masih relatif terjangkau.

Jika anda sudah bulat ingin memiliki sebuah mobil untuk membantu berbagai aktivitas harian, maka anda harus jeli dalam menentukan mobilnya. Pastikan anda memilih mobil yang sesuai kebutuhan dan harga yang tepat. Saat anda tidak punya biaya beli mobil baru, maka anda bisa beralih ke mobil second atau bekas dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil second berkualitas.

  1. Tentukan Biaya yang Dimiliki

Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan anda sudah memiliki anggaran biaya atau budget untuk membeli mobil. Anda juga harus menentukan kebutuhan mobilnya, misalnya dengan mempertimbangkan jumlah keluarga dan tujuan pembelian mobilnya.

Contoh, apabila anda seorang pekerja kantoran dengan jumlah anggota keluarga sekitar 6 sampai dengan 7 orang dan selalu membawa banyak barang bawaan saat bepergian, maka anda bisa memilih mobil jenis MPV. Pastikan anda memilih mobil yang harganya sesuai dan kebutuhannya penggunaan terpenuhi dengan baik.

  1. Cek Cara Pembiayaan

Sebelum anda memutuskan memilih mobil second yang diinginkan, pastikan ada mengetahui skema pembiayaannya dan anda cermati juga program jualan yang diberlakukan. Dengan mengecek terlebih dahulu, maka anda bisa mendapatkan mobil dengan sistem bayar yang menurut anda mudah dan sesuai keinginan.

Secara umum, setiap perusahaan leasing biasanya menerapkan jumlah bunga dan tenor yang bervariasi. Dengan selektif memilih penjual mobil bekas, maka anda tidak akan terhindar dari tindak penipuan dan anda bisa mendapatkan mobil second dengan harga mobil terjangkau.

  1. Program Penjualan Yang Berlaku

Anda juga harus memperhatikan dengan baik mengenai program penjualan mobil yang sedang diberlakukan, karena program penjualan biasanya memiliki penawaran yang beragam. Penawaran paling umum seperti diskon, bonus dan skema pembayaran yang mudah.

Apabila anda memilih program penjualan yang tepat, maka anda bisa mendapatkan mobil second dengan harga yang lebih ringan. Anda juga bisa menyesuaikan model mobil sesuai dengan keinginan, sehingga anda bisa lebih puas dalam membeli mobil.

  1. Perhatikan Biaya Perawatan

Setiap mobil pasti memiliki biaya perawatan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis mobilnya. Semakin jadul mobilnya, maka biaya perawatan lebih mahal. Untuk anda yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya, pastikan anda mempertimbangkan mengenai cara perawatan mobilnya.

Pastikan mobil yang anda beli memiliki jaringan bengkel resmi yang sangat luas dan pastikan keberadaan suku cadang asli mudah diperoleh. Janganlah memilih mobil yang besaran biaya perawatannya sangat tinggi, karena akan sangat merugikan.

  1. Perhatikan Harga Jual Kembali

Pada saat anda mempertimbangkan untuk membeli mobil second, pastikan anda juga memperhatikan harga jual kembali mobilnya. Jangan sampai anda membeli mobil dengan harga yang tinggi dan saat dijual kembali harganya sangat mudah.

Mobil dijual kembali biasanya disebabkan berbagai faktor seperti mobil yang kurang nyaman dipakai, mobil sudah terlalu jaduh dan anda ingin membeli mobil baru. Untuk mengecek harga mobil bekas, maka bisa di cek di marketplace atau berbagai situs lainnya.

  1. Otonesia – Cari Mobil Bekas Berkualitas

Otonesia dibangun bertujuan membantu para dealer mobil bekas menjual mobil berkualitas dari Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor. Puluhan ribu mobil di update setiap hari, dari MPV, SUV, Hatchback, Sedan maupun mobil Pickup.