Busi yang Cocok untuk Motor Harley-Davidson, Seperti Apa Bentuknya?

Selain motor Jepang yang melimpah dengan produksi matic, Indonesia kaya akan merek-merek lain dan dari berbagai negara seperti Italia, Jerman, India, Taiwan, China, Perancis sampai Amerika Serikat.

Salah satu motor yang terkenal dari Amerika Serikat ialah Harley-Davidson. Motor ini cukup melegenda di Indonesia dan populasinya lumayan besar yang kini distribusinya dikuasai oleh authorized main dealer Anak Elang Harley-Davidson.

Tak ubahnya motor internal combustion engine (ICE) lain, Harley-Davidson masih memakai busi sebagai komponen vital mesin. Lantas, busi seperti apa sih yang paling cocok motor ‘Paman Sam’ ini?

Busi Iridium
Motor dengan mesin besar seperti Harley-Davidson lebih cocok menggunakan nikel maupun iridium.

Ambil satu contoh Harley-Davidson Sportster S yang mengadopsi mesin 1.252cc. Merujuk pada fitur ‘Part Finder’ dalam situs resmi ngkbusi.com milik PT NGK Busi Indonesia, dikutip Jumat (30/12/2022), Sportster S masih bisa menggunakan busi tipe nikel alloy dengan kode BPR5ES-11.

Pemakaiannya bisa untuk seri 2021 sampai dengan yang ada saat ini.

Tapi kalau ingin upgrade ke iridium, mengutip keterangan sosial media @ngkbusi (29/12/2021), pilihannya NGK Iridium IX yang tersedia untuk tipe Harley-Davidson XL883, XL883/C dan XL883R.

Dalam keterangan unggahan itu juga disebutkan bahwa busi khusus ini didatangkan langsung dari Jepang spesial untuk pecinta Harley-Davidson Sportster di Indonesia.