Beranda Lifestyle Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

59
0
Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama
Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

Cara menyimpan makanan di kulkas ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kualitas makanan tetap terjaga. Cara penyimpanan yang salah justru dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan bila makanan tersebut sampai dikonsumsi.

Menyimpan makanan di kulkas umumnya bertujuan agar makanan bisa tahan lama. Namun, bila disimpan dengan cara yang tidak tepat, makanan rentan terkontaminasi kuman penyebab penyakit dan meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan bila dikonsumsi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan makanan di kulkas yang benar agar makanan terjaga kualitasnya dan terhindar dari kontaminasi bakteri.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama
Ada cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama dan tetap segar saat dikonsumsi, yaitu:

  1. Simpan makanan dalam wadah tertutup
READ  Manfaat Ikan Lele: Lauk Favorit yang Kaya Gizi

Menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah tertutup dapat menjaga kesegaran makanan dan mencegah kontaminasi kotoran maupun bakteri.

Pastikan wadah yang digunakan dalam kondisi tidak rusak dan bersih. Bila Anda hendak menggunakan wadah dari bahan plastik, disarankan memilih wadah yang bebas kandungan BPA.

  1. Letakkan daging mentah di rak bagian bawah

Meski telah disimpan dalam wadah tertutup atau dibungkus dengan rapat menggunakan plastik pembungkus, sebaiknya letakkan daging mentah di rak bagian bawah untuk menghindari risiko menetesnya cairan dari daging ke makanan lain.

Agar tahan lama, daging mentah lebih baik disimpan dalam lemari pembeku atau freezer. Menyimpan daging mentah di freezer dapat mencegah pertumbuhan kuman yang dapat hidup pada suhu kulkas.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meski dibekukan, metode ini dianggap tidak akan mengubah nutrisi yang terkandung di dalam daging.

  1. Bungkus buah dan sayur tertentu menggunakan handuk
READ  Makanan Andalan Cristiano Ronaldo yang Membantu Tampil Bugar di Piala Dunia 2022

Sebelum disimpan dalam wadah tertutup, beberapa jenis buah dan sayur seperti bit, stroberi, bluberi, wortel, dan lobak sebaiknya dibungkus menggunakan handuk kering. Handuk kering dapat menyerap air atau kelembapan berlebih yang menyebabkan buah dan sayur tertentu menjadi cepat busuk.

Sementara itu, sayuran seperti pakcoy, brokoli, daun bawang, daun kale, dan selada, perlu disimpan di tempat yang lembap. Nah, untuk menjaga kesegarannya, Anda bisa membungkusnya dengan handuk lembap.

  1. Jaga suhu kulkas tetap dingin

Pastikan kulkas berada pada suhu di bawah 5o C dan freezer pada suhu minimal -18o C untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri maupun jamur pada makanan.

READ  Tidur Miring Kanan atau Kiri? Ini Posisi Terbaik Menurut Ahli

Tutup pintu kulkas dengan rapat dan jangan menumpuk makanan di depan lubang udara agar suhu kulkas tetap dingin. Selain menjaga suhu kulkas, jaga pula kebersihan kulkas.

Bersihkan kulkas secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan kuman dalam kulkas yang dapat mencemari makanan.

  1. Letakkan makanan sesuai dengan masa simpannya

Letakkan makanan yang sudah lama atau mendekati tanggal kedaluwarsa di bagian depan. Menyimpan makanan dengan cara ini bisa membantu Anda lebih mudah menjangkau makanan yang sudah lama agar dapat segera dikonsumsi dan tidak telanjur busuk.

Anda juga dapat memberi label tanggal pada wadah makanan untuk membantu mengingat jangka waktu penyimpanannya. Makanan sisa biasanya bertahan selama 5 hari di kulkas dan bisa sampai 6 bulan di freezer.