Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia

Menyambung daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia semester dua 2022 periode Juli–September, kali ini akan diuraikan periode Oktober-Desember.

Setelah momen GIIAS 2022, pasar otomotif Indonesia khususnya mobil sempat sepi karena tidak ada produk baru. Contohnya saja di September 2022 tercatat hanya ada satu model mobil baru. Demikian juga dengan Oktober 2022 terdapat dua peluncuran mobil baru.

Begitu masuk November dan Desember pasar otomotif kembali ramai dengan kemunculan model mobil baru. Beberapa di antaranya kendaraan elektrifikasi.

Ada juga yang meluncurkan mobil sebagai tanda kembalinya sebuah merek di pasar Indonesia, misalnya Chery dan Citroen.

Untuk lebih lengkapnya berikut daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia semester dua 2022 periode Oktober sampai Desember.

All New Toyota Vios

Toyota meluncurkan All New Vios di Indonesia pada 12 Oktober 2022. Peluncuran mobil sedan ini dilakukan secara virtual.

Pembaruan yang diberikan pada Vios teranyar mencakup berbagai sektor, mulai dari desain, platform, mesin, sampai fitur-fiturnya.

Dari segi tampilan, perubahan yang paling terlihat ada di muka mobil seperti desain gril, bumper, dan headlamp. Ukuran Vios pun juga berbeda, terutama ground clearance yang lebih tinggi serta wheelbase yang lebih panjang.

Kemudian mesin pada All New Vios juga berbeda, dari sebelumnya memakai mesin bensin 1.5 liter tipe 1NZ-FE menjadi tipe 2NR-VE. Pemakaian mesin ini menyebabkan penyusutan pada performa. Secara rinci tenaga berkurang menjadi 104 hp, dan torsi tereduksi menjadi 138 Nm.

Fitur-fitur baru yang dipasang pada All New Vios di antaranya Head Unit 9 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Meter Cluster TFT 7 inci dengan Digital LED Speedometer dan MID, rem parkir elektrik, Brake Auto Hold, dan Air Purifier.

Pada tipe tertinggi Vios juga dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudian aktif khas Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Jaguar I-Pace (25 Oktober)

Mendekati akhir 2022 banyak jenama yang meluncurkan kendaraan elektrifikasi. Jaguar termasuk di antaranya. Pabrikan asal Inggris ini merilis Jaguar i-Pace di Tanah air pada 25 Oktober.

Mobil ini dirilis dengan harga off the road Rp2,907 miliar. Jadi, diperkirakan mobil ini akan memiliki harga OTR Jakarta melewati Rp3 miliar.

Jaguar i-Pace mengandalkan dua motor elektrik synchronous magner untuk menggerakan keempat roda, serta didukung oleh baterai berkapasitas 90 kWh yang memiliki jarak tempuh sekitar 469,9 km.

Urusan performa, i-Pace dikatakan dapat menghasilkan daya hingga 394 hp dan torsi 700 Nm. Akselerasinya dari 0–100 km per jam dalam waktu 4,8 detik. Kecepatan tertingginya sekitar 200 km per jam.

Dari segi tampilan, i-Pace memakai pelek 20 inci gloss black. Sementara itu interior mobil ini terbalut dengan material kulit di berbagai titik kabin.

Kemudian fitur-fitur penunjang kenyamanan di antaranya head unit 12,3 inci Pivi Pro, Jaguar Range Calculator, Meridian Sound System.

Untuk melengkapi pembelian i-Pace, konsumen nantinya akan mendapatkan instalasi fast charging di rumah mereka.

Honda WR-V (2 November)
Memasuki November, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda WR-V. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meniagakan WR-V.

Sebagai mobil yang bermain di segmen Small SUV, WR-V bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

WR-V merupakan versi produksi dari Honda SUV RS Concept yang sudah diperkenalkan lebih dari setahun.

Dari segi ukuran, WR-V memiliki ground clearance yang paling tinggi di kelasnya, yakni 220 mm.

Demikian juga dengan dapur pacunya yang memanfaatkan mesin bensin 1.500 cc yang mampu menghasilkan daya 119 hp dan torsi 145 Nm, diklaim performa terbesar di kelasnya. Transmisi yang digunakan otomatis CVT dengan G-design shift.

Tipe tertinggi WR-V dilengkapi fitur-fitur Honda Sensing, meliputi Adaptive Cruise Control, Road Departure Mitigation, Lead Car Departure Notification System, Lane Keeping Assist, Auto High Beam, dan Collision Mitigation System.

Saat peluncuran, Honda WR-V dijual dengan harga Rp271,9 juta untuk tipe terendah. Per Januari 2023, harga tersebut naik menjadi Rp279,4 juta.

Wuling Almaz Hybrid (3 November)
Wuling tetap menunjukan komitmennya dalam menghadirkan produk elektrifikasi di Indonesia. Setelah merilis Air EV, Wuling meluncurkan Wuling Almaz Hybrid pada 3 November.

Sebagai mobil hybrid, Almaz Hybrid dilengkapi dengan sistem penggerak yang berbeda, yakni mesin bensin 2.0 liter bertenaga 123 hp dan torsi 168 Nm, baterai 1,8 kWh serta motor listrik bertenaga 174 hp dengan torsi 320 Nm. Sistem penggerak tersebut didukung oleh transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Satu lagi keunggulan yang terdapat pada Almaz Hybrid ada di tiga mode berkendara, yaitu mode EV (100 persen memakai motor penggerak dan baterai listrik), Series Hybrid (memakai motor penggerak, mesin mengecas baterai), dan Parallel Hybrid (motor dan mesin menyalurkan tenaga bersamaan).

Wuling Almaz Hybrid diniagakan dengan harga OTR Jakarta Rp470 juta.

Toyota bZ4X (10 November)
November merupakan awal Toyota mulai unjuk gigi di pasar mobil listrik. Ini ditunjukkan dengan peluncuran Toyota bZ4X.

bZ4X merupakan mobil listrik murni pertama yang diluncurkan Toyota di Indonesia. Sebelumnya, Toyota sudah memiliki mobil listrik berbasis hybrid seperti Corolla Cross Hybrid, CH-R Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid.

bZ4X menggunakan platform e-TNGA yang khusus dibuat untuk mobil listrik. Baterai yang digunakan pada bZ4X memiliki kapasitas 71,4 kW.

Baterai menyuplai listrik ke motor penggerak roda depan (FWD) untuk menghasilkan daya maksimum 204 hp dan torsi 266 Nm. Kapasitas baterai memampukan mobil menempuh jarak sampai 500 km.

Beberapa fitur andalan yang disematkan pada bZ4X ada Panoramic Sunroof, Head Unit 12,3 inci, Advance Park yang dapat membuat mobil parkir secara otomatis tanpa kendali pengemudi, dan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0

Harga yang disematkan pada mobil listrik bZ4X ini adalah Rp1,19 miliar.