Dua Orang Tewas dalam Serangan Israel di Damaskus Suriah, Incar Petinggi Iran?

Serangan Israel terhadap Rabu 21 Februari 2024 di tempat pemukiman ibu https://www.belcindo.com/ kota Suriah, Damaskus, menewaskan sekurang-kurangnya dua orang, fasilitas resmi Suriah melaporkan. Keduanya jadi korban jiwa terakhir kala permusuhan meningkat sepanjang serangan Israel ke Gaza.

“Sedikitnya dua orang tewas”, kata televisi pemerintah Suriah, yang sebelumnya melukiskan “serangan Israel dengan sejumlah rudal” yang menargetkan lingkungan Kafr Sousa di ibu kota Damaskus. Stasiun radio pro-pemerintah Sham FM menyebutkan serangan itu menghantam sebuah gedung dekat sebuah sekolah Iran. Tentara Israel menyebutkan bahwa mereka tidak bisa berkomentar.

Serangan itu menghantam gedung sembilan lantai yang bagian luarnya lebih dari satu menghitam, dengan kerusakan di sekitar lantai empat, waktu mobil-mobil di dekatnya juga rusak. Sebuah bus kosong yang diparkir menuju Sekolah Swasta Al-Bawader di dekatnya juga rusak dan orang-orang keluar bergegas ke sekolah untuk mempunyai pulang anak-anak mereka.

Pihak berwenang udah menutup tempat tersebut, waktu petugas pemadam kebakaran mengupayakan memadamkan api berikutnya, kata fotografer tersebut. Kafr Sousa, kawasan dengan keamanan tinggi di ibu kota Suriah, adalah tempat tinggal bagi pejabat keamanan senior, cabang keamanan, markas intelijen, dan pusat kebudayaan Iran.

Sejak pecahnya perang saudara di Suriah terhadap 2011, Israel udah melancarkan ratusan serangan udara terhadap negara tetangganya di utara. Mereka terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran, juga group Hizbullah dan juga posisi tentara Suriah. Serangan berikut meningkat sejak perang Israel dengan Hamas di mulai terhadap 7 Oktober.

Pada 10 Februari, serangan udara Israel yang menargetkan sebuah bangunan di kawasan kelas atas dekat Damaskus menewaskan tiga orang, menurut pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Sehari sebelumnya, sebuah tempat dekat bandara militer di sebelah barat Damaskus di serang rudal, kata Observatorium. Sementara kementerian pertahanan Suriah menyebutkan drone udah memasuki wilayah udara Suriah berasal dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Awal bulan ini, Observatorium menyebutkan tujuh warga sipil juga di antara 11 orang yang tewas didalam serangan udara Israel di Kota Homs, Suriah tengah. Serangan berikut meratakan sebuah bangunan di tidak benar satu distrik paling makmur di kota itu, dan juga berkenaan sasaran lain yang perihal dengan group yang didukung Iran, tambahnya.

Israel jarang berkomentar berkenaan serangan individu, tapi berulang kali menyebutkan pihaknya tidak dapat melepaskan Iran – yang menopang pemerintah Presiden Bashar al-Assad dan sekutu kuat Lebanon, Hamas, Hizbullah – untuk memperluas kehadirannya di Suriah.

Pada 3 Februari, juru bicara militer Israel Daniel Hagari menyebutkan militer udah menyerang lebih berasal dari 50 sasaran Hizbullah di Suriah dan 3.400 di Lebanon sejak dimulainya perang Gaza.

Bulan lalu, serangan Israel terhadap lingkungan Mazzeh di barat ibu kota Suriah menghancurkan sebuah bangunan yang digunakan oleh paramiliter Garda Revolusi Iran, menewaskan sekurang-kurangnya lima warga Iran.

Pada Desember, serangan udara Israel di pinggiran kota Damaskus menewaskan jenderal Iran SEED Razi Mousavi, seorang penasihat lama paramiliter Garda Revolusi Iran di Suriah. Israel juga menargetkan agen Palestina dan Lebanon di Suriah sepanjang lebih dari satu th. terakhir.