Gempa M5,2 Guncang Maluku Barat Daya, Ini Analisis BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,2 mengguncang Maluku Barat daya, Selasa (15/11/2022). Gempa yang terjadi pukul 14.03.19 WIB akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 129,09° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 250 Km arah Timur Laut Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 251 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda,” kata Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Selasa (15/11/2022).

Daryono menambahkan, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Amahai, Maluku Tengah dengan skala intensitas III – IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *