Manfaat Daun Mint: Herba Segar yang Bikin Tubuh Bugar

Seringkali, kita menemukan aroma mint pada pasta gigi, sampo, minyak hingga salep pereda nyeri.

Wanginya yang khas disenangi banyak orang karena dapat menciptakan efek relaksasi yang menyegarkan. Termasuk dalam genus Mentha, tanaman herba ini berasal dari daerah Mediterania.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Karena banyak nutrisi yang terkandung, konsumsi daun mint dalam jumlah dan takaran yang tepat secara rutin dapat mendatangkan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Di antaranya seperti berikut ini:

  1. Meringankan Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus merupakan salah satu gangguan saluran pencernaan cukup umum terjadi. Beberapa gejala yang timbul seperti sakit perut, kembung, sembelit, hingga daire.

Sindrom ini termasuk ringan dan dapat sembuh dengan merubah pola makan. Namun, kamu juga bisa mencoba alternatif dengan konsumsi minyak mint.

Senyawa mentol pada minyak mint diketahui dapat meredakan sindrom iritasi usus dengan cara memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

  1. Melegakan Saluran Pernapasan

Tidak hanya populer sebagai bumbu masak, senyawa mentol dalam daun mint rupanya seringkali kali kita temukan pada produk-produk obat batuk.

Banyak ahli juga menyarankan pasien asma agar konsumsi daun mint untuk mengurangi penyumbatan dada dan memberikan efek relaksasi.

Mint juga bisa digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat serta meredakan gejala iritasi akibat batuk kronis.

  1. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Gejala awal kehamilan paling umum adalah mual di pagi hari. Mual dan muntah ini berlangsung beberapa minggu hingga bulan selama masa kehamilan.

Teh peppermint atau minyak mint dapat digunakan sebagai obat paling efektif mengatasi rasa mual.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Daun mint disebut-sebut sebagai tanaman untuk menstimulasi kerja otak. Penelitian menunjukkan menghirup aroma mint selama lima menit dapat meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan mental.

Aroma daun herba ini juga mampu meringankan kecemasan, dan mengusir rasa lelah. Bagaimana Kamu tertarik untuk mencobanya? Terutama hal ini cocok bagi kamu yang punya aktivitas padat sehari-hari.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan karena adanya masalah pada gigi, gusi, atau makan-makanan berbau keras. Tentunya kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Untuk menyamarkan bau mulut kamu bisa mengunyah daun mint atau permen peppermint. Meskipun tidak dapat mengatasi bau mulut secara tuntas, namun cara ini tetap efektif untuk mengusir bau sementara waktu.