Manfaat Daun Pegagan: Herbal Berkhasiat Sejak Ribuan Tahun

Mungkin kamu sering mendengar Centella asiatica sebagai salah satu kandungan di produk skincare. Namun, ternyata daun ini juga dikenal bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai permasalahan kesehatan tubuh.

Daun Centella asiatica atau daun pegagan merupakan tanaman liar yang tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Sejak ribuan tahun yang lalu, daun pegagan ini sudah dikenal dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman ini bahkan dijadikan sebagai obat herbal tradisional di Tiongkok dan India. Mulai dari meringankan insomnia, meredakan nyeri sendi, hingga mengobati penyakit Alzheimer, simak 11 manfaat dari daun pegagan berikut!

Manfaat Daun Pegagan

Kandungan nutrisinya yang banyak, membuat ekstrak daun pegagan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Penasaran dengan manfaatnya? Simak daftarnya berikut ini:

  1. Mengurangi Kecemasan, Stres dan Depresi

Daun pegagan dapat mengurangi kecemasan, stres, dan depresi dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA).

Kandungan asam asiatat di dalam daun pegagan dapat memicu penyerapan GABA oleh otak. Hal ini membuat daun pegagan menjadi obat herbal yang lebih aman dibanding obat-obat kimia lainnya untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi.

  1. Membantu Meringankan Insomnia

Mengingat kemampuannya untuk mengatasi gangguan kecemasan, stres, dan depresi, pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia yang terkadang menyertai kondisi ini.

Beberapa orang menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep yang digunakan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

  1. Membantu Mengurangi Stretch Mark

Daun pegagan dapat mengurangi munculnya stretch mark dan mencegah munculnya selulit baru pada kulit.

Terpenoid yang ditemukan di pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan selulit yang sudah ada.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka dan Bekas Luka

Pembalut luka atau obat luka yang mengandung pegagan memiliki efek penyembuhan pada berbagai jenis luka.

Oleskan salep yang mengandung ekstrak pegagan 1% ke daerah yang terkena luka seperti luka sayatan akibat benda tajam, robekan tidak teratur yang disebabkan oleh trauma benda tumpul, dan jaringan yang terinfeksi, beberapa kali sehari.

  1. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi pegagan berguna dalam mengobati radang sendi. Mengonsumsi ekstrak pegagan dapat mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang. Efek antioksidannya juga berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.