Manfaat Ikan Lele: Lauk Favorit yang Kaya Gizi

Ikan lele adalah jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tidak hanya itu, ikan satu ini juga sangat populer dalam menu masakan pecel lele, yang disajikan dengan lalap lengkap dan sambal.

Dengan rasanya yang gurih dan harga terjangkau, lauk ini menjadi makanan favorit semua kalangan, mulai dari dewasa hingga anak-anak. Belum lagi kandungan gizinya yang ternyata melimpah, sehingga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi, bagi kamu pecinta ikan lele patut berbangga. Pasalnya manfaat ikan lele untuk kesehatan cukup banyak. Apa saja? Yuk simak, ulasannya berikut ini!

  1. Sumber Omega-3

Ikan lele diketahui menjadi salah satu makanan yang kaya asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, manfaat ikan lele berikatan erat dalam menurunkan risiko penyakit kronis.

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, serta juga membantu mengurangi kondisi peradangan, seperti rheumatoid artritis.

  1. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kamu termasuk orang yang mudah jatuh sakit, sebaiknya konsumsilah ikan lele secara rutin. Sebab, ikan lele mengandung protein tinggi yang dapat memberi khasiat pada imunitas tubuh.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melawan serangan dari virus, bakteri, atau parasit lebih efektif. Sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Protein juga berperan penting bagi sel-sel tubuh, yang juga mendukung proses penyembuhan luka.

  1. Memperbaiki Jaringan Otot

Berdasarkan National Institutes of Health, satu porsi ikan lele 100 gram memiliki 32-39% protein yang dibutuhkan tubuh. Sumber protein dapat membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Selain itu, manfaat ikan lele juga dapat menjadi penyusun hormon, enzim, dan molekul lainnya.

  1. Mencegah Anemia

Ada dua langkah bagi tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan. Pertama, asam klorida di perut memisahkan vitamin B12 dari protein yang melekat dalam makanan.

Kemudian, vitamin B12 bergabung dengan protein yang dibuat oleh lambut, disebut faktor intrinsik dan diserap oleh tubuh.

Tubuh akan memanfaatkan vitamin B12 dari ikan lele untuk membantu pembuatan DNA, memberi makanan sel-sel sarah, dan membentuk sel darah merah normal.

Dengan begitu, mengonsumsi ikan lele dapat mencegah jenis anemia megaloblastik sehingga tubuh tidak akan mudah merasa lelah dan lemah.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Peradangan pada otak dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, yakni penyakit yang menyerang otak sehingga dapat memengaruhi kemampuan berpikir, berperilaku, dan bersosialisasi.

Agar tidak semakin memburuk, kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antiradang, seperti ikan lele.

Berkat adanya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan otak.