Manfaat Kacang Merah: Kaya Protein dan Dukung Diet

Siapa yang tidak tahu kacang merah? Biji-bijian ini banyak disajikan pada berbagai makanan khas Indonesia seperti rendang, sayur kacang, gorengan ketan, hingga topping minuman.

Nah, jika kamu sering memakannya, ada baiknya kamu mengetahui kandungan dan manfaat dari makanan yang satu ini, Kamu.

Tak hanya nikmat dan cocok disajikan dalam berbagai makanan, ternyata kacang merah memiliki kandungan yang kaya nutrisi dan manfaat yang beragam. Simak kandungan kacang merah dan manfaat selengkapnya berikut ini.

Kacang merah atau juga disebut dengan red kidney bean memiliki kandungan yang dibutuhkan di setiap konsumsi harian, lho! Kalori kacang merah adalah 332,9 kilokalori (kkal) setiap 100 gram (g).

Terdapat berbagai kandungan kacang merah yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, dan folat.

Ada juga kandungan mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan zinc.

Dengan kandungan kaya nutrisi, tentunya kacang merah dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Simak daftar manfaat kacang merah selengkapnya:

  1. Sumber Protein bagi Vegetarian

Jika kamu seorang vegetarian dan mencari asupan protein yang tinggi, kamu perlu mempertimbangkan konsumsi kacang merah. Kamu akan mendapatkan kurang lebih 20 g protein hanya dengan mengonsumsi 100 g kacang merah.

Angka tersebut merupakan 40% kebutuhan protein harian. Kacang merah juga dapat kamu pilih jika kamu perlu mengurangi makanan berprotein dan tanpa kolesterol seperti daging merah.

Kamu bisa mencampur kacang merah dengan nasi, quinoa, dan kedelai agar asupan gizimu lebih lengkap.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang merah bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah karena terdapat kandungan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan genkalium yang mampu menekan kadar zat pemicu penyakit jantung koroner di dalam darah.

Kacang merah juga menyehatkan jantung karena mengandung serat larut yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kacang dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

Oleh karena itu, konsumsi kacang merah juga dapat mengurangi risiko penyakit sembelit atau diare. Tak hanya itu, serat juga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Mengontrol Gula Darah

Tak hanya baik untuk pencernaan, serat dalam kacang merah dapat menjaga glukosa agar tidak dilepas dalam darah terlalu cepat.

Karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah merupakan karbohidrat kompleks yang tidak mudah terurai sebagai glukosa sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil.

  1. Mencegah Diabetes

Dari kadar gula darah yang terjaga, kamu akan terhindar dari risiko diabetes.

Kacang merah juga bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin yang dapat memperburuk kadar gula darah pada pengidap diabetes.