PO Express Jaya Gunakan Bus Hino RM 280 untuk Armada Baru Lintas Sumatra

Penggemar bus transportasi lintas Sumatra kini bisa berbangga. Pasalnya, PO Transport Express, perusahaan otobus tertua di Sumatra Barat yang berdiri sejak 1977, baru saja menghadirkan delapan unit armada baru.

Armada PO Transport Express terbaru dipercayakan pada merek Hino RM 280 ABS wide air suspension bermesin Euro4. Enam di antaranya menggunakan balutan bodi Laksana SR3 Ultimate Single Glass yang berkapasitas 30 tempat duduk dengan legrest. Dua unit lainnya menggunakan bodi Patriot TE dari karoseri Morodadi juga dengan tempat duduk legrest. Seluruh armada baru ini akan melayani rute Sumatra Barat ke Jabodetabek seperti JBandung serta rute ke Medan Sumatra Utara.

Yoga Hendrico Putra, Direktur Utama PO Transport Express Jaya mengungkapkan armada baru ini punya nama kelas pelayanan yang unik yakni Kudo Gadang dan Niniak Mamak.

“Keduanya punya arti yang sangat dalam. Kudo Gadang mengartikan kecepatan serta kemewahan. Sementara Niniak Mamak melambangkan toleransi bersaudara,” ucap Yoga dalam keterangannya.

Santiko Wardoyo, COO-Director PT Hino Motors Salas Indonesia (HMSI) mengungkapkan, jaluir lintas Sumatra memiliki kondisi jalan beragam. Mulai dari jalan tol yang panjang, jalur lintas dengan medan menanjak, curam dan berlumpur. Guna melewati jalur seperti ini, bus Hino sudah terbukti keandalannya.

“Terutama bus terbaru Hino RM 280 yang sudah standar Euro4 dan dilengkapi dengan overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin,” ucap Santiko.

Santiko juga menjamin, bus Hino efisien dalam perawatan. Hino juga sudah mempersiapkan di sepanjang jalur Sumatra sudah memiliki jaringan yang siap membantu, baik servis dan suku cadang.

PO Transport Express Jaya sejak 45 tahun lalu biasa memberikan layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute tujuan Jakarta, Bogor, Sukabumi, Bandung. Ada juga rute Antar Kota Dalam Provinsi) dengan rute Padang-Bukit Tinggi, Payakumbuh, Lubuk Basung dan Sei, geringging.

Para penggemar bus sudah hafal dengan livery PO bus ini yakni menggunakan warna putih dengan kombinasi warna biru dan merah serta gambar kuda terbang. PO ini dikenal dengan layanan yang baik, harga tiket terjangkau serta fasilitas lengkap dan yang terpenting adalah keramahan layanan para pegawai loket, agen, pengemudi maupun kondektur.

Yoga Hendrico, yang baru saja didaulat menjalankan bisnis PT Transport Express Jaya dan menjadi generasi ketiga yang menjalankan bisnis ini mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan yang profesional dan konsisten untuk menjaga kepercayaan konsumen. Dirinya berharap dukungan masyarakat agar PO Express Jaya dapat terus berkembang dengan profesional sesuai ekspektasi publik terhadap jasa transportasi tersebut.

Berdiri sejak 1 Mei 1977, PO Express Jaya memulai layanan dari kota Lubuk Alung, Pariaman, Sumatra Barat. Usaha ini didirikan H. Sutan Nazar DR.Maharajo Basa dan beroperasi menghadirkan layanan transportasi hingga generasi ketiga saat ini.