Polisi Ribuan Siaga Aksi di Depan Kantor DPR

Jakarta –  Aksi unjuk rasa berlangsung di depan gedung DPR/MPR RI, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Selasa (19/03/2024). Polisi siap mengawal jalannya aksi.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya mengerahkan 3.355 personel yang akan disebar di Gedung DPR/MPR serta KPU RI.

“Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di depan gedung DPR/MPR RI kami melibatkan personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan Instansi lainnya. Di DPR/MPR RI melibatkan 2.970 personel dan KPU RI melibatkan 385 personil,” kata Susatyo dalam keterangan tertulis, Selasa.

Susatyo mengatakan, skema Polisi pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR/MPR RI dan KPU RI juga disiapkan, namun bersifat situasional dengan pertimbangan dinamika situasi di lapangan.

Susatyo berpesan kepada warga masyarakat yang akan melintas di sekitaran DPR/MPR RI dan juga KPU RI disarankan mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan di kedua tempat tersebut akan ada aksi unjuk rasa.

“Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya slot77 cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua. Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi dan juga di sekitaran KPU RI akan di berlakukan rekayasa lalulintas bilamana eskalasi massa meningkat,” papar dia.