Sama-sama Bawa Mobil Sendiri, Begini Kehebatan Mobil Joe Biden vs Xi Jinping

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diketahui membawa mobil dinasnya sendiri selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Biden memboyong serta mobil kepresidenan berjuluk ‘The Beast’ beserta rangkaian konvoinya. Terlihat ada dua unit ‘The Beast’ yang dibawa ke Indonesia.

Sementara Xi Jinping tampak menggunakan mobil mewah buatan pabrikan China Hongqi dengan kode N701. Terlihat juga ada dua unit Hongqi N701 yang diboyong ke Tanah Air.

Sebagai mobil kepresidenan, baik ‘The Beast’ maupun Hongqi N701 jelas dibekali fitur keamanan unggulan. Handle pintu ‘The Beast’ disebut dilengkapi dengan tegangan listrik 120 Volt untuk melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. Disebutkan pula mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol.

The Beast memiliki sejumlah senjata seperti shotgun, granat, hingga gas air mata. Dalam keadaaan darurat, ‘The Beast’ juga memiliki suplai darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden. Terdapat pula tabung oksigen bila ada serangan mendadak.

‘The Beast’ mengusung ban Kevlar yang memungkinkan tetap bisa berjalan dalam kondisi kempis atau bocor sekalipun. Di dalamnya terdapat pelindung ketika ada serangan gas air mata. Mobil ini diperkirakan memiliki berat antara 14.000 hingga 20.000 pound (6-9 ton). The Beast’ juga menggunakan ban berukuran besar yang biasanya terpasang pada truk berukuran medium hingga besar.

Mobil bongsor itu mengusung mesin diesel 6.5 L Duramax yang dipercaya bisa menyemburkan tenaga setara 214 daya kuda. Mesinnya sama seperti yang diusung pada truk GMC dan Chevrolet. Mobil ini memiliki kaca setebal 5 inci (12,7 cm), pintu setebal 8 inci (20,32 cm) yang beratnya sama dengan pintu pesawat komersial. Kendaraan ini dibuat menggunakan titanium, keramik, dan pelat tahan bom yang menutupi bagian bawah.

Hongqi N701

Beralih ke Hongqi N701, Hongqi merupakan merek mobil mewah di bawah naungan First Auto Works (FAW) Group. Hongqi sendiri berarti ‘bendera merah’ yang sekaligus menjadi simbol Partai Komunis di China.

Hongqi N701 yang digunakan Xi Jinping ini merupakan model baru dan perdana melakoni debut pada bulan Juli, ketika sang presiden melakukan lawatan ke Hong Kong. Mobil ini memiliki panjang lima meter. Terlihat dari foto yang beredar, sisi jendela dibuat lebih panjang dari pilar B sehingga membuat baris kedua lebih lega dari seharusnya. Dari samping, sekilas mobil menyerupai Rolls-Royce.

Adapun mobil kepresidenan Hongqi N701 ini cukup terjaga kerahasiaan spesifikasinya. Namun spekulasi yang beredar menyebutkan mobil ini dilengkapi mesin V8 turbocharge atau V12, dua mesin yang sudah diusung Hongqi sebelumnya.

Bertugas sebagai mobil kepresidenan, jelas kalau fitur keamanan Hongqi N701 tak perlu diragukan lagi. Sebagai gambaran, sebelum menggunakan Hongqi N701, Xi Jinping diketahui menunggangi Hongqi L5 versi modifikasi bernama N501. Hongqi L5 kala itu juga menawarkan kemewahan khas mobil Eropa dan fitur antipeluru serta penangkal bom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *