Spesifikasi & Harga Daihatsu Ayla

Spesifikasi & Harga Daihatsu Ayla
Spesifikasi & Harga Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla masih menjadi mobil yang sangat cocok dibeli sebagai mobil pertama pada tahun 2023 ini lantaran spesifikasi yang memadai untuk mobilitas sehari-hari.

Sebagai informasi, Ayla pertama kali diluncurkan di Tanah Air oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada 2012 lalu. Dengan demikian, mobil tersebut sudah menginjak tahun ke-11 pada tahun 2023.

Sebagai salah satu mobil Daihatsu yang punya banyak peminat, pihak ADM rutin memberikan penyegaran pada Ayla. Mobil ini sudah mengalami pembaruan pada 2017 dan 2020.

Kemudian, di pameran otomotif GIIAS 2022, ADM memperkenalkan mobil listrik konsep Ayla Electric Vehicle (EV) di mana jadi LCGC (Low Cost Green Car) pertama yang dijadikan mobil listrik konsep.

Mobil ini pun diharapkan jadi terobosan baru.

Ayla EV ini dibekali motor listrik dengan kapasitas 60 kW serta kapasitas baterai 32 kWh. Untuk eksteriornya, gril depan mobil ini didesain lebih tertutup dengan diberi aksen diamond.

Ada pula lampu LED berwarna putih disematkan di bagian logo, tengah, serta lampu kabut pada wajah mobil tersebut.

Tak ketinggalan, Ayla EV ini juga menggunakan pelek model two tone dengan aksen berwarna kuning.

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2023
Sebelum membeli Daihatsu Ayla, sebaiknya Carmudian ketahui dulu spesifikasi mobil tersebut. Berikut ini spesifikasi Ayla 2023.

Mesin
Soal dapur pacu, Ayla telah dibenamkan dua pilihan mesin. Pertama, mesin berkapasitas 998 cc, 3 silinder, DOHC yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 64,1 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 86 Nm di putaran 3.600 rpm.

Kedua, mesin dengan kapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga 86,7 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm di putaran 4.200 rpm.

Sementara itu, Ayla juga tersedia dalam dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Disarankan bagi Carmudian yang punya bujet lebih, memilih Ayla dengan kapasitas mesin 1.997 cc karena performanya tentu lebih menjanjikan untuk berkendara sehari-hari.

Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga bisa lebih irit karena tenaga mesin ini lebih besar sehingga pengguna tidak perlu berusaha untuk mencapai kecepatan tertentu.

Eksterior

Dari segi dimensi, Ayla 1.0 dan 1.2 berbeda. Ayla 1.0 memiliki ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, serta jarak sumbu roda 2.455 mm, sedangkan untuk model 1.2, punya ukuran sedikit lebih panjang.

Ayla 1.2 mempunyai panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Pada bagian depan Ayla, terdapat gril yang memadukan warna black piano dengan aksen krom sehingga memberi kesan modern.

Terdapat juga lampu depan jenis halogen pada Ayla 1.0, sedangkan untuk Ayla 1.2, disematkan lampu depan yang sudah mengandalkan proyektor.

Lampu depan pada Ayla ini dapat memberikan pencahayaan yang cukup terang saat malam hari. Di bagian samping, terlihat adanya pelek berukuran 14 inci untuk Ayla 1.2. Pelek ini juga tersedia pada versi 1.0 varian X.

Untuk Ayla 1.0 varian D dan D+, disematkan pelek dengan ukuran lebih kecil, yakni 13 inci.

Selain itu, Ayla turut disematkan spion yang dapat dilipat elektronis. Terdapat juga kombinasi lampu belakang baru hingga Talang Air.

Interior
Ruang kabin Ayla cukup luas hingga dapat memuat lima orang penumpang. Desainnya sendiri terkesan modern dengan didominasi warna hitam.

Terdapat aksen krom pada setir kemudi, panel pintu, serta dasbor yang memberi kesan stylish.

Untuk memberi kenyamanan saat berkendara dengan Ayla, terdapat bottle holder agar pengguna dapat meyimpan botol minuman di mobilnya.

Di konsol tengah, pengguna dapat menyimpan tiga buah botol dan satu botol di masing-masing sisi pintu mobil. Selain itu, terdapat head unit layar sentuh yang dapat terkoneksi dengan bluetooth khusus Ayla varian tertinggi.

Ada pula audio steering switch untuk memberi kemudahan bagi pengguna saat ingin mengatur audio dari setir kemudi mobilnya.

Di sisi lain, ruang bagasi Ayla luas sehingga pengguna bisa menaruh barang bawaannya yang ukurannya besar sekali pun seperti koper.