Tips Beli Mobil Bekas untuk Mudik, Aman dan Anti Rugi

Beli mobil bekas bisa jadi proses yang panjang, karena ada berbagai hal yang harus kamu pikirkan sebelum membeli mobil bekas. Di sisi lain, mobil bekas atau second bisa menjadi opsi yang terbaik di tengah mahalnya harga mobil baru.

Apalagi ketika mudik lebaran tahun 2022 ini, tentunya Kamu ingin mobil bekas yang sesuai dengan standar keamanan kendaraan supaya perjalanan mudik bisa berjalan dengan aman dan tanpa gangguan.

Nah karena itu, ada 12 tips nih supaya bisa dapat teman mudik yang kamu inginkan. Apa sajakah hal yang harus Kamu perhatikan itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Beli Mobil Bekas

Meski dapat menghemat dompet, tapi membeli mobil bekas mau matic ataupun manual bisa jadi sangat tricky buat kamu yang belum tahu banyak tentang dunia otomotif. Karena itu, hal pertama yang harus Kamu pikirkan adalah beli mobil bekas sesuai budget.

  1. Tentukan Budget

Membeli mobil bekas dengan fitur yang lengkap adalah hal yang diimpikan bagi pecinta otomotif. Namun, jangan sampai rencana keuangan kamu membengkak karena membeli mobil bekas dengan harga selangit.

Karena itu, calon pembeli harus tahu harga mobil bekas yang diincar. dengan melakukan riset di internet ataupun marketplace. Kamu bisa merencanakan skema pembayaran entah itu melalui kredit maupun cash.

Apabila melalui kredit, Kamu harus memperhatikan bunga dan pemasukan tiap bulannya. Perhatikan juga harga suku cadang, biaya servis mobil, dan kehadiran bengkel resmi merk mobil tersebut di kota kamu.

  1. Cek Kondisi Interior dan Eksterior Mobil

Kedua komponen mobil baik interior dan eksterior menjadi pengaruh besar bagi performa mobil. Hal utama yang harus Kamu cek adalah keseluruhan bodi dan mesin mobil, periksa juga kondisi aki dan kampas rem mobil.

Setelah pengecekan eksterior mobil yang menyeluruh, kamu wajib untuk mengecek bagian dalam mobil. Misalnya saja, AC, switch lampu, dashboard, karpet, sistem audio, hingga sabuk pengaman.

  1. Cek Kondisi Suspensi Mobil

Suspensi mobil berfungsi untuk meredam berbagai getaran yang diterima oleh mobil dari efek permukaan jalan. Suspensi yang rusak atau lemah bisa mempengaruhi kenyamanan penumpang dalam mobil.

Karena itu sangat penting untuk melihat performa suspensi, agar tidak terdengar bunyi yang tidak nyaman dari bawah mobil ketika berkendara. Bagus atau tidaknya suspensi mobil dapat dirasakan ketika melewati polisi tidur atau jalanan rusak.