Beranda Otomotif Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Bandel

Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Bandel

59
0
Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Bandel
Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Bandel

Mobil bermesin diesel kerap menjadi incaran banyak orang karena terkenal akan ketangguhan dan keawetannya. Namun mobil diesel juga bisa terkena ‘penyakit’ jika pemiliknya abai melakukan perawatan. Merawat mobil diesel sebenarnya tak sulit, karena tak begitu berbeda dengan merawat mobil bermesin bensin.

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil bermesin diesel dalam rangka merawat kendaraannya tersebut. Rutinitas ini bisa dilakukan setiap hari, atau saat melakukan perawatan berkala di bengkel. Berikut penjelasan selengkapnya.

Rutin panaskan mobil
Berbeda dari mesin bensin yang ‘gampang panas’, mobil mesin diesel ini cenderung perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Setidaknya, lakukan pemanasan mesin sekitar 5-10 menit sebelum digunakan, agar oli dapat bersirkulasi optimal dan melumasi komponen mesin mobil.

READ  Ini Deretan Kendaraan Listrik Penerima Insentif

Gunakan oli yang tepat
Mitsubishi menyarankan untuk mobil diesel menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikannya. Oli yang tepat ini dapat dengan tepat juga mendinginkan suhu mesin, memberishkan serta melindungi komponen penyusun mesin.

Gunakan solar berkualitas
Pengguna mobil diesel, dapat memilih solar yang mempunyai kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah. Solar dengan Cetane Number tinggi, akan membuat emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar dan ruang bakar lebih bersih.

READ  Perakit iPhone Memulai Proyek Kendaraan Listrik di Indonesia 2023

Lakukan penggantian filter
Mengganti filter bahan bakar dan filter udara secara tepat dan berkala harus dilakukan. Untuk filter bahan bakar, hal ini bertujuan untuk menyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. Sedangkan filter udara, untuk menyaring debu dan partikel kotoran lain. Dengan mengganti filter secara rutin, kotoran akan lebih terhindar untuk masuk ke dalam sistem pembakaran.

Perawatan berkala di bengkel
Seperti mobil pada umumnya, mobil diesel pun perlu mendapat perawatan berkala di bengkel. Hal ini bertujuan untuk melihat kondisi mobil, membersihkan bagian yang kotor serta mengganti bagian yang sudah seharusnya diganti, agar mobil dapat terus dalam kondisi optimal.

READ  Isi Bensin di SPBU Mesti Matiin Mesin Mobil, Mau Tau Apa Sebabnya?